BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Bahasa merupakan suatu alat komunikasi yang sangat penting untuk dapat mengartikan setiap pembicaraan yang akan disampaikan. Dengan adanya bahasa segala informasi yang diinginkan dapat diterima dengan baik dan dapat dimengerti oleh setiap orang yang berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Ada berbagai bahasa, namun setiap bahasa yang satu dengan bahasa yang lain sangat berbeda salah satunya bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris sehingga harus dipelajari lagi perbedaan bahasa tersebut agar dapat dipahami dengan semua kalangan khususnya untuk pelajar.
Siswa-siswi sekolah menengah pertama cenderung merasa bosan bila mempelajari pelajaran yang bersifat bahasa seperti bahasa inggris karena interaktif antara siswa dengan guru hanya dilakukan di dalam kelas yang bersifat monoton. Bahasa inggris adalah salah satu ilmu bahasa yang harus dipelajari dengan baik dan benar karena bahasa inggris sekarang ini telah menjadi bahasa Internasional. Terkadang materi bahasa inggris agak sulit dipahami, salah satu materi bahasa inggris membahas tentang struktur kalimat atau yang sering dikenal dengan pembahasan materi tenses, dalam hal ini adalah tenses tentang present tense.
1.2 Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini membatasi permasalahan dalam metode pembelajaran bahasa inggris khususnya yang berkaitan dengan tenses yaitu hanya membahas tentang present tense. Penulis tidak membahas mengenai vocabularies, kata kerja beraturan, tidak beraturan, dan lain sebagainya karena di anggap telah mengetahui meteri tersebut. Program ini hanya ditujukan untuk siswa-siswi sekolah menengah pertama kelas 7.
1.3 Tujuan Penelitian
Penulisan ilmiah ini disusun dengan tujuan untuk membuat program aplikasi berbasis web yang berisikan materi belajar bahasa inggris untuk siswa-siswi sekolah menengah pertama. Aplikasi ini berguna untuk sarana belajar yang disampaikan secara sederhana kepada siswa-siswi dalam mempelajari dan menguasai ilmu bahasa inggris, antara lain bagaimana dalam merangkai kalimat dengan baik dan benar. Dengan demikin diharapkan siswa-siswi lebih tertarik karena belajar secara visual dan dapat mahir menggunakan mouse pada komputer.
1.4 Metode Penelitian
Dalam penulisan ilmiah ini dilakukan penelitian melalui:
1. Menggunakan spesifikasi hardware sebagai berikut:
· Processor Intel® Pentium® Dual CPU T2390 @ 1.86 GHz 1.87 GHz
· RAM 1014 MB
· Hardisk 40GB
2. Menggunakan software Macromedia Flash CS3
3. Metode studi pustaka yaitu di mana penulis melakukan proses mempelajari, mencari dan membaca dari referensi buku-buku serta melihat program yang berhubungan dengan penulisan ilmiah ini. Sehingga dapat memaksimalkan penulisan yang dibuat.
4. Perncanaan yaitu dengan membahas tentang materi dan software apa yang digunakan dalam pembuatan program aplikasi.
5. Analisis yaitu membahas isi dari materi dan pembuatan program aplikasi dengan materi program khususnya dalam pembuatan aplikasi tersebut menggunakan software Macromedia Flash.
6. Perancangan atau desain yaitu merancang dan membuat animasi sesuai materi yang di sajikan. Dengan mendesain dan membuat animasi dalam penulisan ini, maka diharapkan dapat memahami dengan mudah materi yang disajikan sehingga dapat menarik perhatian untuk mempelajarinya lebih dalam lagi.
7. Implementasi, dalam tahap ini program aplikasi tentang program pengenalan tenses sedang dibuat secara detail.
1.5 Sistematika Penulisan
Agar mempermudah pembahasan masalah tersebut, penulis memberikan gambaran umum menjadi beberapa bab. Dimana setiap babnya terdiri dari sub bab, yang tersusun sebagai berikut:
BAB I : Pendahuluan
Bab ini menguraikan latar belakang masalah yang dihadapi, merumuskan masalah yang dikaji dalam penelitian, batasan permasalahan yang ditetapkan, tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan ilmiah ini, menjelaskan metode penelitian yang digunakan dalam menyelesaikan permasalan serta sistematika penulisan.
BAB II : Landasan Teori
Bab ini menjelaskan tentang teori-teori yang mendukung atau berhubungan dengan pembahasan yang dibahas dalam permasalah tersebut antara lain tentang multimedia, tenses, software Macromedia Flash CS3 dan alat bantu dalam perancangan sistem informasi.
BAB III : Pembahasan
Bab ini berisi mengenai pembahasan tentang cara menginstall dan menggunakan software Macromedia Flash CS3, serta membahas cara membuat program dari masalah yang dihadapi. Dimana agar dapat menampilkan sebuah tampilan yang sederhana, menarik dan tidak sulit dalam pengerjaannya.
BAB IV : Penutup
Bab ini berisikan tentang suatu penarikan kesimpulan berdasarkan hasil akhir berikut dengan saran-saran yang bersifat memicu untuk perkembangan aplikasi yang dibuat oleh penulis.
0 komentar:
Posting Komentar