Rabu, 18 November 2009

Teknologi Membuktikan Kebenaran

Pada zaman sekarang teknologi semakin lama selalu berkembang sesuai berkembangnya zaman. Teknologi menjadi suatu kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya teknologi yang berkembang semakin canggih, kita sebagai konsumen dalam mencari informasi-informasi penting dapat dengan mudah didapatkan dan diperoleh dengan cepat. Berita dan informasi serta data-data yang diperoleh pun akan segera langsung didapatkan dengan mudah melalui teknologi yang cangggih sekarang ini. Contoh kegunaan teknologi yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu dalam bidang hukum yang memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk mencari bukti-bukti kasus sehingga hukum dapat ditegakkan dengan adil.

Dalam bidang hukum, teknologi sangat diperlukan untuk mencari bukti kasus yang akan diselesaikan untuk menentukan siapkah yang bersalah dan siapa yang menjadi korban dalam suatu kasus. Seperti dalam contoh kasus yang sedang diperbincangkan oleh khalayak ramai yaitu kasus Bibit dan Chandra. Dalam kasus tersebut penangkapan Bibit dan Chandra karena ingin mengungkapkan bahwa dalam instalasi organisasi didalam kepolisian tersebut adanya kerjasama antara kepolisian untuk menjatuhkan instalasi KPK. Oleh karena itu, dari pihak Bibit dan Chandra menggunakan kecanggihan teknologi yaitu dengan menyadap perbincangan antara kepolisian dengan pihak yang ingin menjatuhkan organisasi KPK tersebut. Namun pihak kepolisian tersebut tidak menyukai cara yang dilakukan oleh pihak KPK, sehingga bukti yang dilakukan tersebut melanggar hukum dan kode entik dalam peraturan teknologi. Dalam hal ini peranan teknologi tersebut ingin mengetahui apa yang didapatkan dari informasi tersebut agar mendapatkan bukti-bukti yang jelas atas kasus tersebut dan dapat diketahui siapakah yang benar-benar bersalah. Selain itu, peranan teknologi lain dalam penegakkan hukum yaitu dalam kasus membedakan foto yang asli dengan yang direkayasa. Untuk membuktikan kebenaran tersebut memerlukan teknologi dan keterampilan pengetahuan yang dimiliki sehingga kebenaran kasus tersebut akan cepat diselesaikan dengan jelas dan akurat.

Oleh karena itu, teknologi yang semakin lama semakin terus berkembang ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil dan kebenaran yang jelas. Jangan menggunakan teknologi hanya untuk membuat kerugian bagi orang lain yang nantinya berdampak pada diri sendiri yang akibatnya dapat menjatuhkan diri sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar