Minggu, 03 Januari 2010

Online

Sekarang ini kegiatan online yang dilakukan sudah tidak asing lagi di dengar oleh kalangan banyak, online sangat digemari oleh berbagai kalangan mulai dari para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, pengangguran, bahkan sampai anak sekolah dasar pun sudah tidak asing lagi dengan istilah online. Online sendiri banyak berbagai jenis kegunaan yang dapat dimanfaatkan dengan kebutuhannya masing-masing. Sekarang sedang menjamurnya online untuk berbelanja sehingga belanja pun dapat dengan mudah dilakukan tanpa harus keluar rumah untuk membelinya dan menempuh waktu yang cukup panjang. Hanya dengan meyalakan komputer dan mulai browsing kemudian dapat dengan mudah masuk kedalam situs-situs balanja online yang sudah banyak didunia maya tersebut. Namun dalam belanja online tersebut harus diperhatikan dengan jelas cara-cara untuk mendapatkan barang yang sudah dipesan agar tidak kecewa setelah membeli dan barang yang sudah diantar.

Berikut ini ada sedikit jurus jitu dalam belanja online agar aktivitas berbelanja didunia maya tidak berbuah pengalaman yang mengecewakan, yaitu:


Cek barang yang akan dipesan.

Pastikan Anda mengetahui alamat serta nomor telapon si penjual. Kalau perlu, periksa keaslian alamat dan nomor contact person tersebut. Jika memiliki alamat yang lain seperti facebook, YM, dan jaringan sosial pertemannan yang lain sebaiknya di periksa agar dapat dengan jelas kebenaran alamat-alamat tersebut.


Perhatikan Garansi

Dalam hal ini juga perlu dicermati untuk mngantisipasi barang yang dikirim sebagai hasil transaksi online tidak sesuai harapan seperti cacat dalam proses packing.


Berpikir Logis

Waspadalah jika harga barang yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran. Hal demikian cenderung mengarah ke aksi penipuan.


Cek Testimoni

Di forum-forum jual-beli, kerap dijumpai testimoni si penjual, jika di dalam itu banyak testimoni yang buruk-buruk tentang barang yang akan dibeli sebaiknya batalkan transaksi tersebut agar tidak kecewa nantinya.


Waspadai Iklan

Barhati-hatilah dengan iklan yang datang melalui email maupun jendela pop. Apabila jika sampai meminta password dan alamat email Anda biasanya ini kerjanya hanya inggin menipu dengan menyebarkan tipuan alamat email serta email tersebut hanya berisi tipuan dengan prosedur mengirimkan surat elektronik yang seolah-olah datang dari perusahaan baik-baik padahal sebenarnya mereka sedang berusaha mencuri data pribadi Anda.


Lindungi PC

Aktivitas di PC kadang menyisakan jejak yang dapat diekploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Untuk dapat mngalihkannya, pasanglah antivirus, antispyware, antimalware, antiadware, antirootkits, dan anti-anti lainnya untuk mempersulit penyusup merusak masuk PC.


Perhatikan Cara Pembayaran

Apabila sudah memutuskan untuk membali barang yang akan dibeli disuatu website, perhatikan cara pembayaran yang diminta oleh mereka. Umumnya dapat dilakukan dengan pembayaran kredit tapi harus tetap diperhatikan agar tidak adanya pencurian nomor kartu kredit.


Simpan Bukti Transaksi

Jagalah baik-baik bukti transaksi, jangan sampai hilang sehingga jika terjadi penipuan dan kesalahpahaman atas pembayaran, kita masih mempunyai bukti yang kuat.

0 komentar:

Posting Komentar